Dewan Pengurus

Sambutan Ketua Dewan Pengurus Bukit Asam Foundation

Drs. Muhammad Hatta, MBA

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua
Mendapatkan kepercayaan untuk memimpin Bukit Asam Foundation, yang sebelumnya bernama Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba), adalah adalah anugerah dan ibadah. Pada saat yang sama, kepercayaan tersebut merupakan tantangan. Bagaimanapun, kami menyadari eksistensi keberadaan yayasan ini sangat dekat dan ’lekat’ dengan PT Bukit Asam (Persero), Tbk, sebuah perusahaan pertambangan batubara nasional terkemuka. Pada satu sisi, kami adalah bagian dari kegiatan pelaksanaan tanggungjawab perusahaan, atau corportate social responsibility (CSR), dari PT Bukit Asam (Persero), Tbk.. Pada sisi yang lain, kami tidak boleh ’bergantung’ pada perusahaan ini hanya sekadar sebagai perpanjangan tangan untuk melakukan aktivitas CSR perusahaan.
Pada sisi kedua ini, tantangan kami yang sebenarnya. Kami harus melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi yang berdampak dan menjamin keberlanjutan pengembangan masyarakat, sekaligus menjamin keberadaan kami. Dua tanggungjawab tersebut saling kait-mengkait, tak terpisahkan satu sama lainnya. Dalam bahasa yang lebih lugas, kami harus menjalankan aktivitas ekonomi dan aktivitas sosial sekaligus.
Tentu saja, kami sudah melaksanakan banyak aktivitas sosial. Namun, itu bukan pencapaian terbaik kami. Kami harus mengembang diri, bukan sekadar melaksanakan kegiatan CSR PTBA. Untuk itu, kami sangat antusias mengembangkan program-program yang berkaitan dengan pendidikan dan sejumlah program pemberdayaan lainnya, termasuk yang memberikan nilai ekonomi kepada Bukit Asam Foundation.
Untuk program pendidikan, Bukit Asam Foundation mengelola tiga lembaga pendidikan, yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Bukit Asam, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bukit Asam dan Taman Kanak-kanak (TK) Antrasita Bukit Asam.
Selain memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat memadai, lembaga-lembaga pendidikan ini juga berkerjasama dengan lembaga konsultan pendidikan Arif Rachman Associate (ARA). Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk menjadikan lembaga-lembaga pendidikan tersebut sejajar, bahkan melebihi, kualitas dunia pendidikan nasional. Bukit Asam Foundation berupaya dengan segala sumberdaya yang ada untuk mewujudkan lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki daya saing nasional dan global. Ke depan, dalam kaitannya dengan pendidikan, kami juga bermaksud mendirikan lembaga-lembaga pendidikan pada tingkat dasar dan menengah, bahkan pada tingkat tinggi, menambahkan lembaga-lembagapendidikan yang sudah ada dan saat ini sedang kami bina.
 Kami juga sedang mengembangkan berbagai unit usaha seperti produksi minyak kayu putih, bengkel mandiri, perakitan komputer, produksi lampu limar, koperasi, percetakan dan fotocopy, SPBU dan persewaan alat berat. Beberapa dari unit usaha tersebut sudah beroperasi dan sedang menunggu perijinan legal. Kami juga sedang mengembangkan dan membangun berbagai jaringan bisnis, antara lain dengan sejumlah perguruan tinggi, perusahaan-perusahaan terkemuka dan organisasi-organisasi lain di mana kami bisa memanfaatkan dan mengembangkan semua sumber daya Bukit Asam Foundation. Dengan cara ini, kami melakukan yang terbaik untuk menjamin apa yang disebutkan sebagai keberlangsungan dari masyarakat yang menjadi pemegang kepentingan keberadaan Bukit Asam Foundation.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.