Dewan Pembina

Sambutan Ketua Dewan Pembina Bukit Asam Foundation

 

 

Arviyan Arifin

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua
Masyarakat adalah bagian yang tak terpisahkan dari suatu perusahaan. Dari sini, PT  Bukit Asam (Persero), Tbk., mengakui dengan sadar dan tulus bahwa bahwa masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional, adalah bagian tak terpisah dari perusahaan.  Karena itu, berrdasarkan Undang-Undang No. 40 Tentang Perseroan Terbatas dan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara No. PER-05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, PT Bukit Asam (Persero), Tbk., berkewajiban untuk melaksanakan Tangggungjawab Sosial Perusahaan, atau Corporate Social Responsibility (CSR). Untuk memenuhi kewajiban tersebut, PT Bukit Asam (Persero), Tbk. melakukan dengan berbagai cara. Selain membentuk adanya Satuan Kerja (Satker) CSR, Perusahaan melaksanakan kewajiban itu melalui dukungan pendanaaan  kepada Yayasan Bukit Asam (YBA), atau Bukit Asam Foundation (BAF).
Memang, kami juga ingin mengatakan bahwa keberadaan perusahaan tak terlepas dari pertemuan berbagai kepentingan. Ada kepentingan bisnis. Ada pula kepentingan sosial dan lingkungan.  Menjaga keseimbangan antara kepentingan-kepentingan itu  adalah sesuatu yang sangat penting. Keseimbangan akan menciptakan dunia dengan manusia-manusia yang berkesejahteraan dan berkeadilan. Dari sini, kami berharap kiprah YBA bisa menjadi penentu keseimbangan kepentingan tersebut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Tanjung Enim dan sekitarnya.
PT Bukit Asam (persero), Tbk., memberikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian-pencapaian yang telah dicapai oleh YBA, terutama dalam memajukan pendidikan di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.  Prestasi dan nilai para siswa sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan semakin tahun semakin meningkat. Ini adalah pencapaian yang sungguh menggembirakan. Kami terus dan selalu mendorong agar pencapaian lebih ditingkatkan  lagi sehingga cita-cita menjadikan lembaga-lembaga pendidikan tersebut sebagai sekolah unggulan nasional dapat tercapai. 
Kemudian, kami memberikan pengahrgaan dan apresiasi atas inisiatif Yayasan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan keuangan Yayasan. Kami menilai strategi tersebut adalah tepat dan positif. Sebab, selain dapat menambah keuangan serta menjaga keberlangsungan Yayasan, kegiatan ekonomi tersebut akan mampu menyerap tenaga-tenaga kerja yang ada di Tanjung Enim dan sekitarnya. 


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Arviyan Arifin