Praktik Kerja Lapangan SMK Bukit Asam


2018-02-03 21:40:03

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan pelaksanaan secara nyata apa yang ada dalam teori. SMK Bukit Asam melakukan kegiatan PKL dimulai pada tanggal 9 Januari- 9 April 2018. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulanan. PKL yang dilaksanakan bertujuan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi yang sesuai degan program keahliannya dan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.   Di samping ada tujuan maka ada manfaat pula, manfaat dari kegiatan PKL ini adalah memilik kemampuan, keahlian dan keterampilan kerja yang profesional sesuai dengan standar Dunia Usaha/ Dunia Industri(DU/DI).

Selama kurang lebih 3 bulan siswa yang mengikuti kegiatan telah dibuat perencanaan sedemikian rapi oleh para guru SMK di perusahan mana peserta didiknya di tempatkan. Tempat pelaksanaan PKL akan dilaksanakan di wilayah Tanjung Enim, Muara Enim, Palembang. Tempat DU/DI dari daerah tersebut  yaitu dari daerah Tanjung Enim berjumlah 28 tempat di dalam area tambang, daerah Tanjung Enim dan muara enim berjumlah 20 tempat di area luar tambang. Untuk di Dealer AHM ada 16 tempat yang terbagi-bagi di daerah Tanjung Enim,Muara Enim, Prabumulih, dan Palembang.  Dari sekian banyak temoat tersebut tentunya memerlukan biaya untuk berbagai sarana dan prasarana. Sumber dana kegiatan PKL ini berasal dari Komite SMK Bukit Asam.

Peserta Praktik Kerja Lapangan SMK Bukit Asam Tahun 2017/2018 ini diikuti oleh kurang lebih 201 orang peserta didik.  Selama peserta didik  melaksanakan kegiatan PKL mereka di dampingi oleh kurang lebih 14 monitor atau guru pembimbing dari masinh-masing program keahlian. Peserta didik selama mengikuti kegiatan PKL harus ikut aturan dan kedisiplinan di DU/DI. Pada awalnya memang merasa kesulitan beradaptasi dengan peraturan yang berbeda di sekolahs ,serta sarana dan prasarana praktik yang berbeda pula dengan apa yang di praktikkan di sekolah.

“Dengan adanya kegiatan Praktik Kerja Lapangan mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi sekolah maupun bagi peserta didik,sebab dengan kegiatan ini dapat membuka lowongan pekerjaan bagi para peserta dan mereka juga akan tahu kebutuhan di DU/DI. Sedangkan bagi sekolah sendiri akan memperoleh pandangan positif dari perusahaan karena anak didik sekolah dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah,”ungkap pak Bambang selaku ketua pelaksana PKL

Praktik Kerja lapangan memang seharusnya dilakukan bagi Sekolah Menengah Kejuruan agar anak SMK tidak hanya tahu teori namun juga tahu dan mampu terjun langsung ke lapangan dunia kerja. Hal tersebut akan membuat mereka tahu apa yang harus dilakukan jika mereka telah lulus dan lanjut ke jenjang kerja. Di harapkan untuk ke depannya agar Praktik Kerja Lapangan ini terus dilaksanakan dan berjalan dengan baik. (Rania)