Berakhlak, Kompetitif, dan Siap Kerja

SEJARAH SMK BUKIT ASAM

Sekolah Teknik Menengah Tanjung Enim ( STM ) didirikan ( dibuka ) secara resmi pada tanggal 17 September 1965 dengan izin Kepala Perwakilan P dan K Propinsi Sumatera Selatan Nomor : 2/REG/STM/1965 tanggal 2 Februari 1966 dan untuk melaksanakan proses belajar mengajar diselenggarakan dengan tenaga-tenaga pengajar dan tenaga tata usaha pada awal sekolah.

Selama 5 ( lima ) tahun sekolah berjalan dari tahun 1965 s/d 1971, di bawah kepemimpinan Bapak Tarsim Edy Raidy yang menjabat sebagai Kepala Sekolah sekaligus sebagai pendiri STM.

Dengan berjalannya waktu maka terjadilah pasang surutnya keadaan sekolah. Pada tahun 1972 sekolah sudah diakui, dan diberi wewenang melaksanakan/menyelenggarakan ujian sendiri, sehingga kita tidak menginduk lagi ujiannya. Dan pada tahun 1972 ini juga, Pemerintah mengeluarkan Peraturan, bahwa sekolah Swasta tidak boleh menggunakan BP3 sebagai Badan Pembina Sekolah Swasta, artinya Sekolah Swasta harus punya payung ( pelindung ) sebagai naungan, yaitu Yayasan.

Pada tahun 1973, Kepala Sekolah pertama Bapak Tarsim Edy Raidy mengundurkan diri dari jabatannya dan digantikan dengan Bapak Ahmad Zahri, BA.
Tetapi ternyata Bapak Ahmad Zahri, BA tidak dapat mempertahankan status sekolah, karena sekolah sudah mulai tidak teratur sehingga pada tahun pelajaran 1973 STM dicabut haknya menyelenggarakan ujian sendiri, terpaksa siswa mengikuti ujian menggabung pada STM Negeri Lahat dan Kepala Sekolah waktu itu terpaksa diganti lagi dengan Bapak Hendrik, Kepala Bagian Bengkel Praktek PN. TABA, namun ternyata juga belum / tidak dapat memperbaiki posisi sekolah. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah maka pada tahun 1974 Bapak Tarsim Edy Raidy bersama-sama rekan – rekannya berusaha mendirikan yayasan.

Dan melalui NOTARIS DARBI, SH di Palembang terbentuklah YAYASAN dengan Akte Notaris DARBI, SH Palembang Nomor : 38 Tanggal 15 Maret 1974, dan diberi nama : YAYASAN PENDIDIKAN BUKIT ASAM disingkat : YPBA.

Selanjutnya sejak tanggal 16 Maret 1974, STM tidak bernaung pada BP3, melainkan pada Yayasan YPBA dan STM berganti nama menjadi STM YPBA Tanjung Enim, dan kepala sekolah masih Bapak Hendrik. Sejalan dengan itu ternyata kondisi STM YPBA bukan membaik melainkan bertambah parah.

Akhirnya pada bulan Desember 1980 Bapak Tarsim diminta oleh Pengurus YPBA dan juga oleh Bapak Bupati Muara Enim untuk kembali memegang Pimpinan STM YPBA Tanjung Enim, dan kembali membina Pramuka Kwartir Cabang Muara Enim dan pada pertengahan tahun 1981 sekolah di AKREDITASI dan mendapat status diakui.

Selanjutnya sejak tanggal 1 Juni 2007, YPBA dan STM YPBA resmi bergabung dengan YAKASABA dan STM YPBA telah berubah nama di bawah naungan YAKASABA.

VISI MISI

   V I S I

Menjadi Sekolah Unggulan Nasional Yang Berkarakter Mandiri dan Berkewirausahaan

M I S I

  • Menanamkan Karakter Unggul dan Berakhlak Mulia
  • Menumbuhkan Semangat Untuk Mencapai Prestasi Nasional
  • Mendorong Proses Pembelajaran Yang Berbasis IT dan Kewirausahaan
  • Menghasilkan Lulusan Yang Siap Kerja dan Berwirausaha

TUJUAN

Jangka Panjang (5 tahun ke depan) Terbentuknya SMK Bukit Asam menjadi sekolah unggulan dengan target 90 % jumlah lulusan diterima pada Dunia Usaha maupun Dunia Industri (DU/DI) dan 10 % diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jangka Pendek
1. Membentuk pokja/tim kecil, sebagai pionir dalam mengimplementasikan budaya professional;
2. Menganalisis dan mensinkronkan kurikulum dengan tuntutan standar kompetensi dunia usaha dan indutri;
3. Meningkatkan kompetensi guru normative, adaptif ataupun produktif melalui sertifikasi kompetensi atau uji profesi;
4. Menghasilkan lulusan 100 % dengan rata-rata nilai tinggi;
5. Terciptanya Guru dan Siswa menerapkan Senyum-Sapa-Salam-Sopan-Santun (5 S)

STRUKTUR ORGANISASI